Label

Senin, 21 November 2011

langkah untuk memformat paragraf

Format paragraphs
Paragraph adalah segala sesuatu yang diakhiri dengan menekan tombol Enter. Paragrapf mungkin berupa judul laporan, bagian dasri suatu daftar, baris koosong diantara dua paragraph, sekumpulan teks atau kalimat yang mempunyai satu pemikiran.
Untuk mengatur format tampilan paragraph dengan menggunakan salah satu cara berikut ini:
  1. Pilih paragraph yang akan anda format, kemudian atur formatnya sesuai dengan keinginan anda. Jika ada beberapa paragraph yang akan andas format tampilannya dengan format yang sama, pilih atau sorotlah paragraph-paragraf tersebut, tetapi jika hanya satu paragraph yang akan diformat, anda cukup menempatkan titik sisip di dalam paragraph yang akan diformat tersebut.
  2. Tempatkan titik sisip pada posisi awal pengetikan paragraph, atur format tampilannya, kemudian ketik paragraph yang anda inginkan. Dengan cara ini semua paragraf yang anda ketik mulai dari posisi titik sisip akan mengikuti format tampilan yang anda pilih sampai anda melakukan perubahan kembali.
Apply and format columns
Sebelum memformat dokumen ke dalam bentuk kolom, anda harus menentukan bagian mana dari dokumen yang akan diformat dan dimana anda harus menempatkan titik sisip. Untuk itu anda dapat memilih salah satu cara berikut ini:
· Jika dokumen hanya mempunyai satu bagian saja dan anda ingin memformat pada seluruh dokumen, anda tempatkan titik di sembarang tempat didalam dokumen tersebut.
· Jika dokumen terbagi kedalam beberapa bagian dan anda ingin memformat hanya satu bagian saja, tempatkan titik sisip di bagian yang ingin anda format.
· Jika dokumen hanya mempunyai satu bagian saja dan anda tidak ingin seluruh dokumen diformat, tempatkan titik sisip di tempat pengetikan kolom akan dimulai dan sisipkan tanda pemisah bagian terlebih dahulu.
· Jika anda ingin memformat pada beberapa bagian dari dokumen yang sudah ada dan anda belum membagi dokumen tersebut kedalam beberapa bagian, pilih (sorot) teks yang anda akan format.
Untuk memformat dokumen kedalam bentuk kolom, ikuti langkah berikut ini:
  1. Tempatkan titik sisip ditempat yang anda inginkan sesuai kebutuhan anda.
  2. Pilih dan klik menu Format, Columns.
Gambar kotak pilihan Columns
  1. Pilih dan klik bentuk format pengetikan kolom yang akan anda buat.
· One, untuk mengembalikan ke pengetikan dokumen satu kolom
· Two, untuk pengetikan dua kolom denganlebar sama.
· Three, untuk pengetikan tiga kolom dengan lebar sama.
· Left, untuk pengetikan dua kolom dengan kolom yang kiri lebih kecil dari lebar kolom yang kanan.
· Right, untuk pengetikan dua kolom dengan lebar kolom yang kanan lebih kecil dari lebar kolom yang kiri.
  1. jika diperlukan anda dapat menentukan jumlah kolom yang anda inginkan melalui kotak dengan pilihan Number of columns. Meskipun bisa sampai dengan 12 kolom, tetapi anda harus ingat lebar dari kertas yang anda pakai apabila dokumen tersebut dicetak. Semakin banyak jumlah kolom yang anda inginkan semakin kecil pula lebar dari masing-masing kolom.
  2. jika anda menginginkan lebar dari setiap kolom adalah sama, beri tanda atau klik cek Equal column width. Hilangkanlah tanda pemilihannya, anda ingin menentukan sendiri lebar dari masing-masing kolom pada kotak width and spacing.
· Width, untuk menentukan lebar dari kolom.
· Spacing, untuk menentukan jarak dengan kolom berikutnya.
  1. beri tanda atau klik kotak cek Line Between, untuk memberikan garis batas antar kolom.
  2. pada tombol daftar pilihan Apply to, lakukan pemilihan berikut ini:
· This Point Forward, daerah pengetikan kolom berlaku mulai dari posisi titik sisip sampai akhir dokumen.
· Whole Document, daerah pengetikan kolom berlaku untuk seluruh dokumen.
sumber : zitshiru.wordpess.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar